Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Dasar Servis Panjang Part 2



 ( Indonesia only )

Pelaksanaan servis panjang dalam permainan bulutangkis cukup berbeda dengan servis pendek. Adapun cara melakukan servis 

panjang bulutangkis yaitu kok dipukul dari arah bawah. Kemudian membuatnya agar sampai ke lapangan lawan dengan cara mengarahkannya ke bagian belakang atas.


Biasanya servis panjang banyak digunakan untuk jenis permainan bulutangkis tunggal. Maka dari itu servis panjang dapat disebut 

sebagai "Deep Single Serve". Di bawah ini terdapat cara melakukan servis panjang dalam bulutangkis yang benar yaitu sebagai berikut:

• Tubuh diposisikan berdiri dalam daerah servis secara rileks. Kemudian pegang kok dan letakkan di depan badan. Gunakan kaki belakang untuk menumpu berat badan.

• Setelah itu berat badan dipindahkan ke arah depan dan kok dijatuhkan. Dalam waktu yang bersamaan, raket diayunkan ke depan atas melewati pinggang bagian bawah. Lalu kok dipukul sekuat mungkin. Pemukulan kok dilanjutkan sampai raket dalam posisi yang menghadap ke atas.

• Segera kembali ke posisi siap setelah memukul kok.


Servis panjang sendiri bertujuan untuk mengarahkan bola ke belakang dengan posisi melambung sehingga musuh akan kewalahan dalam melakukan serangan balik. Teknik ini cukup populer dipakai oleh atlit internasional karena cukup mudah untuk dilakukan. Tapi 

kalian perlu berkonsentrasi dan memukul secara presisi karena power yang terlalu besar justru akan membuat kok terlepar ke luar lapangan.